» » » » » » » PENGERTIAN PANTUN, SELOKA, SYAIR, KARMINA

15 May 2013

PENGERTIAN PANTUN, SELOKA, SYAIR, KARMINA

  1. Pantun
    Pantun merupakan sejenis puisi yang terdiri atas 4 baris bersajak a-b-a-b, a-b-b-a, a-a-b-b. Dua baris pertama merupakan sampiran, yang umumnya tentang alam (flora dan fauna); dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan dari pantun tersebut. 1 baris terdiri dari 4-5 kata, 8-12 suku kata. Selengkapnya lihat Contoh Pantun
    PUISI, PANTUN, GURINDAM
    Ada beberapa macam pantun antara lain:
    PUISI, PANTUN, GURINDAM
    1. Pantun Nasihat
      Isi pantun ini mengandung nasihat, agama, akhlak atau budi pekerti. Lihat Contoh Pantun Nasihat
      PUISI, PANTUN, GURINDAM
    2. Pantun Jenaka
      Isi pantun ini mengandung berbagai lelucon, lihat Contoh Pantun Jenaka.
      PUISI, SYAIR, GURINDAM
  2. Seloka
    Seloka merupakan bentuk puisi Melayu Klasik, berisikan pepetah maupun perumpamaan yang mengandung senda gurau, sindiran bahkan ejekan. Biasanya ditulis empat baris memakai bentuk pantun atau syair, terkadang dapat juga ditemui seloka yang ditulis lebih dari empat baris. Seloka disebut juga pantun berkait, lihat ContohSeloka.
    PUISI, PANTUN, GURINDAM
  3. Syair
    PUISI, PANTUN, SELOKA
    Kata syair berasal dari Arab. Syair adalah puisi atau karangan dalam bentuk terikat yang mementingkan irama sajak. Biasanya terdiri dari 4 baris, berirama aaaa, keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair (pada pantun, 2 baris terakhir yang mengandung maksud). Lihat Contoh Syair.
    PUISI, PANTUN, GURINDAM
  4. Karmina
    SELOKA, PANTUN, GURINDAM
    Karmina atau dikenal dengan nama pantun kilat adalah pantun yang terdiri dari dua baris. Baris pertama merupakan sampiran dan baris kedua adalah isi. Memiliki pola sajak lurus (a-a). Biasanya digunakan untuk menyampaikan sindiran ataupun ungkapan secara langsung. Lihat ContohKarmina.
    PUISI, PANTUN, GURINDAM
Bergabung di Facebook menjadi follower BERAGAM PUISI

No comments:

Post a Comment

DAFTAR POSTING